Contoh Laporan Hasil Praktek Mengajar
Siluetsenja.com, 25/01/2022 01:32 pm
Pict By. SoundVision |
Pengajar :Sebagai Panitia DPS (Dompet Peduli Santri)
Kelas :
3 SD
Jumlah siswa : 30 orang
Usia siswa : 8 tahun
Tujuan Pembelajaran :Siswa diharapkan mampu menyambung huruf dan memberi harokat tanwin
Alokasi Waktu :
120 menit
.
Tinjauan /
Observasi
Sebelum melaksanakan microteaching, kami
melakukan observasi terlebih dahulu pada tanggal 25 desember 2014 kemudian
melakukan diskusi dengan para pendidik untuk mengetahui bentuk pembelajaran yang
dibutuhkan sehingga kami dapat merancang konsep pembelajaran.
Dari tinjauan tersebut di dapati beberapa garis besar
ü anak di dapati sudah mengetahui huruf hijaiyah
ü anak mampu
membaca Al-Qur’an
Setelah berdiskusi dengan para pendidik, kita memiliki beberapa harapan
ü anak diharapkan
mampu menyambung huruf hijaiyah
ü anak mampu
memberi harokat
ü anak mampu
menstransliterasi huruf latin menjadi bunyi bacaan huruf hijaiyah berharokat
Metode
v Menyambung
dan Melengkapi
Anak
disajikan tulisan huruf hijaiyah terpisah tanpa harokat, anak diminta
menyambung dan memberi harokat sesuai dengan petunjuk yag di arahkan
v Mentransliterasi
Setelah anak
paham bagaimana cara menyambung dan memberi harokat, barulah anak di sajikan
tulisan latin yang kemudian di minta untuk dirubah ke dalam tulis hijaiyah
sambung plus harokat
Analisis
A.
Analisis Model Pengajaran
Prosedur yang dilakukan pada saat pembelajaran
ini cukup tersusun dan sebagian besar mudah untuk dimengerti sehingga mahasiswa
anak dapat menerima materi dengan baik tanpa ada kendala. Dibantu dengan referensi
yang digunakan oleh pengajar melalui beberapa sumber referensi
Dalam pelaksanaannya
ada beberapa kendala yaitu kurang mengkondisikan kelas, sehingga anak menjadi
kurang memusatkan perhatian pada proses pengajaran.
B. Analisis Praktek Mikro dan Kualitas Saran
Dalam hal
ini, yang perlu ditingkatkan yaitu kemampuan menjelaskan materi yang
disampaikan. Ada penekanan tertentu semisal memusatkan fokus aanak didik dengan
membuat ungkapan yang membangkitkan semangat mereka, memberi hadiah, dan
apresiasi. Selain itu, diharapkan untuk lebih mengamati keaktifan peserta didik
dalam kegiatan pembelajaran.
Secara rinci mungkin bisa dilihat sebagai berikut:
a. Hal-hal yang
perlu ditingkatkan
kemampuan menjelaskan materi yang disampaikan.
Penggunaan
contoh kalimat bermakna
Pengenalan
tanda tasydid dan sukun
b. Hal-hal yang perlu ditinggalkan
Jangan terpengaruh oleh gangguan-gangguan yang
tercipta dalam lingkungan kelas secara sengaja atau tidak.
Kesimpulan
pengajar dapat belajar untuk mengevaluasi cara yang
dilakukannya melalui komentar yang membangun dari para pengamat, sehingga ada
masukan dan solusi yang bisa mengubah atau meningkatkan kompetesi mereka.
Saran
a) Disediakan
tempat praktek yang situasinya telah disesuaikan dengan keadaan yang nyata
seperti halnya di sekolah;
b) Dalam
keterampilan menjelaskan, perlu adanya penekanan atau penguatan saat
menjelaskan pokok bahasan yang mana dalam pembelajaran yang penting untuk lebih
dipahami. Sehingga perlu adanya penguatan-penguatan.
Lampiran 1
Media pembelajaran
Lampiran 2
Lembar kerja siswa
0 Response to "Contoh Laporan Hasil Praktek Mengajar"
Post a Comment