Contoh Lesson Plan Mata Pelajaran SKI

 Siluetsenja.com, 30/03/2022   02:44 pm

Contoh Lesson Plan Mata Pelajaran SKI

Mata Pelajaran                        : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas                                          : X / Genap
Standar Kompetensi               : Memahami Sejarah Perkembangan Islam Pada
                                                       Masa Khulafaur Rasyidin
Kompetensi Dasar                   : Mengambil ibrah dari kepemimpinan Khulafaur Rasyidin untuk       kepentingan masa kini dan yang akan datang
Alokasi Wakti                         : 1 x 8 menit

A.    Tujuan Pembelajaran

  1.  Siswa mampu menyebutkan strategi kepemimpinan Khulafaur Rasyidin
  2.  Siswa mampu menganalisis penataan pemerintahan pada masa Khulafaur Rasyidin
  3. Siswa mampu menguraikan ibrah dari kepemimpinan Khulafaur Rasyidin untuk kepentingan masa kini dan masa yang akan datang
  4. Siswa mampu meneladani kepemimpinan Khulafaur Rasyidin

B.     Karakter siswa yang diharapkan

  1.  Religius
  2.   Jujur
  3.  Tanggung Jawab
  4.  Rasa Ingin Tahu
  5. Disiplin
  6. Mandiri
  7. Kreatif dan Komunikatif

C.    Materi Pembelajaran

1.      Proses dan Model Pemilihan Khulafaur Rasyisin

Abu Bakar as-Sidiq (11-13 H/632-634 M), Proses pemilihan dan pembaitan Abu Bakar dilakukan oleh perorangan, yaaitu Umar bin Khattab yang kemudian disetujui dan diterima oleh semua umat Islam. Umar bin Khattab (13-23 H/634-644 M), Proses pemilihan Umar bin Khattab dilakukan atas dasar penunjukkan oleh Abu Bakar sebelum wafat. Usman bin Affan (24-35 H/644-656 M) dan Ali bin Abi Thalib (36-41 H/656-661 M), Proses pemilihan dan pembaiatan Usman dan Ali melalui formatur yang dibentuk oleh Khalifah Umar bin Khattab.

2.      2.  Strategi Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin

a.       Strategi Kepemimpinan Abu Bakar as-Sidiq
Pada masa pemerintahan Abu Bakar, ada beberapa hal penting yang dilakukan, yaitu menyelamatkan umat Islam dari perpecahan, memerangi orang-orang murtad, memerangi orang0orang yang tidak mau membayar zakat, serta memerangi nabi-nabi palsu. Adapun perluasan Islam, meliputi perbatasan Arab-Syiria.
b.      Strategi Kepemimpinan Umar bin Khatttab
Pada masa pemerintahan Umar bin Khattab, perluasan wilayah Islam meliputi Palestina, Irak, Persia, dan Mesir.
c.       Strategi Kepemimpinan Usman bin Affan
Pada masa pemerintahan Usman bin Affan, mmulai tterjadi konflik internal dikalangan umat Islam. Oelh karena itu, ia lebih menekankan pada pembenahan umat.
d.      Strategi Kepemimpinan Ali bin Abi Thallib
Pada masa pemerintahan Ali bin Abi Thalibmulai muncul berbagai kelompok yang menmakan diri kelompok Syi’ah, Khawarij dan kelompok Mu’awiyah.

3.      3. Mengambil Ibrah dari Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin

a.       Abu Bakar adalah seorang figur pemimpin yang memiliki jiwa bersih, jujur, dan sangat demokratis.
b.      Umar bin Khattab adalah seorang pemimpin yang memiliki jiwa pemberani pada siapa saja yang membangkang dari ajaran Islam, tegas dalam menghadapi kebatilan, dan pandai berdiplomasi.
c.       Usman bin Affan adalah seorang pemimpin yang berjuang meneruskan perjuangan khalifah pendahulunya. Beliau adalah pemimpin yang terbuka dan demokratis.
d.      Ali bin Abi Thalib dikenal sebagai seorang yang gagah berani, tangkas, dan pandai bermain pedang.

D.    Metode Pembelajaran

  1. Ceramah
  2. Tanya Jawab
  3. Pemberian Tugas

E.     Media Pembelajaran

  1. Koran
  2. Kertas karton
  3. Kartu pernyataan
  4. Papan Tulis

F.     Strategi pembelajaran

Kegiatan Awal      : Critical Incident (Pengalaman Penting)
Kegiatan Inti         : In The News, TV Comersial
Kegiatan Penutup : True or false ( Benar atau Salah)

G.    Langkah-langkah Pembelajaran

No

Langkah-langkah

Kegiatan Pembelajaran

Durasi

Model

pembelajaran

1.

Pendahuluan

a.         Guru mengucapkan salam

b.        Guru bersama siswa membaca basmalah

c.         Guru mengabsen siswa

d.        Guru menyampaikan materi yang akan di pelajari

e.         Guru mengajukan pertanyaan dengan mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari

f.         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberi gambaran pembelajaran pada pertemuan ini.

2 Menit

 

 

 

 

Ceramah

 

Critical Incident

 

Ceramah

2.

Kegiatan Inti

Eksplorasi

a.         Guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang Sejarah perkembangan Islam Pada Masa Khulafaur Rasyidin

b.        Siswa mendengarkan uraian guru tentang Mengambil Ibrah dari kepemimpinan Khulafaur Rasyidin

Elaborasi

c.         Guru membagi siswa menjadi dua kelompok

d.        Guru membagikan koran yang berisi tema terkait pelajaran

e.         Guru meminta tiap kelompok merekonstruksi berita pada koran dengan tema pelajaran

f.         Guru meminta perwakilan kelompok untuk membacakan hasil diskusinya

Konfirmasi

g.        Guru bersama-sama siswa memberikan tanggapan terhadap kelompok yang membacakan hasil diskusin

h.        Guru bersama-sama siswa menyanyikan sebuah lagu yang dikarang khusus untuk tema pelajaran

 

4 Menit

 

 

Ceramah

 

Tanya  Jawab

 

 

 

 

 

 

 

 

 

In The News

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TV Comersial

3.

Penutup

a.       Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang belum faham.

b.      Guru menuliskan pernyataan  yang berhubungan dengan materi pembelajaran di atas potongan kartu.

c.       Guru membagikan potongan kartu tersebut kepada masing-masing siswa.

d.      Guru menginstruksikan kepada siswa agar membaca  dan menentukan apakah penyataan yang mereka dapatkan benar atau salah.

e.       Guru mengoreksi jawaban siswa.

f.       Guru menyimpulkan materi pembelajaran

g.      Guru memberi tugas untuk mengerjakan soal pada buku LKS

h.      Guru menyampaikan materi pelajaran yang akan datang

i.        Guru menutup pembelajaran dengan bacaan khamdalah dan salam.

2 Menit

 

Refleksi

True Or False

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ceramah

Penugasan

H.    Sumber Belajar

  1.  LKS
  2. Buku Cetak

I.       Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Penilaian

Contoh Instrumen

Menjelaskan strategi kepemimpinan Khulafaur Rasyidin

Tes tertulis

Uraian

Bagaimana Proses Pemilihan Khulafaur Rasyidin?

Menyebutkan penataan pemerintahan pada masa Khulafaur Rasyidin

 

Tes tertulis

Uraian

Sebutan Strategi Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin!

Menjelaskan ibrah dari kepemimpinan Khulafaur Rasyidin untuk kepentingan masa kini dan masa yang akan datang

 

Tes lisan

Tugas

Jelaskan ibrah dari kepemimpinan Khulafaur Rasyidin untuk kepentingan masa kini dan masa yang akan datang!

Sebutkanlah tiga Ibrah dari kepemimpinan Khulafaur Rasyidin !
Pedoman pensekoran

Aspek

Skor

Siswa menuliska 3 Ibrah

2

Siswa menuliskan 1-2 Ibrah

1

Siswa tidak bisa menyebutkan satupun peperangan

0

Nilai = skor yang diperoleh /skor maksimal x 100

 

14 Desember 2016

Mengetahui,
Dosen Pengampu,                                                                           Mahasiswa,

 

 

Mawi Khusni Albar, M.Pd.I                                                Nadha_________
NIP. 19830208 201503 1001                                                 NIM. 1323301152

 

 

 

 

 

 #LessonPlan #Metode #Penilaian

#SKI #SejarahKebudayaanIslam

0 Response to "Contoh Lesson Plan Mata Pelajaran SKI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel